Flek kecokelatan, implantasi atau bukan?

CS Info Penanya: CS
Selamat malam dok, saya Nur (24th) menikah sudah 1th , akhir² ini sy sperti merasakan tnda² gejala awal kehamilan dok, tp sy tes masih negatif, sy santai saja, krna memang sy blm telat dtg bulan saat ini, jadi sy niatkan utk menunggu sampai periode mens selanjutnya, baru akn sy tes ulang, tpi barusan stlah sy berhubungan intim bersama suami,sy mengeluarkan flek kecoklatan dan sedikit ada gumpalan tapi cenderung ke lendir, dan tidak banyak. Apkah itu drah implantasi atau hanya flek sblm haid ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CS.

Flek cokelat yang terjadi setelah berhubungan bisa terjadi karena beberapa hal, baik implantasi maupun penyebab lainnya. Beberapa kemungkinan lainnya adalah luka karena penetrasi terlalu dalam atau vagina yang terlalu kering, atau ketika melakukan hubungan intim bertepatan dengan jadwal hari pertama haid. Selain itu, infeksi vagina juga bisa menyebabkan flek cokelat.

Ciri-Ciri Darah Implantasi

Untuk memastikan apakah yang Anda alami bercak implantasi atau bukan, Anda dapat mencoba membaca beberapa penjelasan berikut:

  • Perdarahan biasanya terjadi pada hari ke-6 sampai 12 pasca berhubungan
  • Berupa bercak berwarna merah gelap atau merah muda
  • Hanya berlangsung 1-2 hari
  • Diikuti dengan terlambatnya siklus menstruasi, yang berarti positif hamil

Apabila memang seperti ciri-ciri di atas, maka Anda dapat melakukan konfirmasi dengan testpack seminggu setelah terlambat haid. Atau, Anda juga dapat melakukan USG, dimana jika hamil akan didapatkan gambaran kantung kehamilan.

Tetapi, apabila ternyata keesokan harinya bercak tersebut diikuti darah merah yang menderas, maka kemungkinan besar itu adalah darah awal menstruasi. Terkadang, gejala kehamilan seperti nyeri payudara atau kram perut dapat dialami juga saat pre-menstrual syndrome, karena fluktuasi hormon yang terjadi pada tubuh wanita. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.