20 Jan 2021, 18:20Kandungan

Keluar flek kecoklatan dan darah pada hamil muda apakah berbahaya?

S
Info Penanya: S0
Hallo dokter... Saya sekarang hamil anak kedua dan usia kandungan saya 5mw2d, saya mengalami flek kecoklatan dan mengalami pendarahan seperti menstruasi, awalnya hanya flek bercak darah. Apakah ini tanda kalo kandungan saya bermasalah, Terima kasih atas sarannya.
312 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang SAdanya flek kecoklatan pada awal kehamilan merupakan suatu tanda adanya implantasi janin pada dinding rahim. Seringnya flek atau darah implantasi dikira merupakan darah haid sehingga tak sedikit yang tidak mengetahui adanya kehamilan pada dirinya. Flek atau darah implantasi juga bisa mirip dengan perdarahan dari keguguran kandungan yang rentan pada usai kehamilan muda.

Perbedaan Darah Implantasi, Haid Dan Keguguran

Ada beberapa tanda yang bisa diketahui untuk bisa membedakan darah yang keluar merupakan darah atau flek implantasi atau merupakan tanda dari kondisi kehamilan lainnya. Perbedaannya adalah:

Warna dan jumlah darah

Darah implantasi berwarna merah muda hingga kecoklatan pada akhir masa keluarnya darah dan jumlahnunya hanya sedikit. Darah haid atau darah dari keguguran berwarna merah pekat atau merah kehitaman, banyak dan bergumpal.

Durasi

Flek atau darah tanda implantasi hilang timbul atau ada jeda waktu dan berlangsung selama 1-3 hari. Sedangkan pada haid darah keluar terus-menerus dan berlangsung 3-7 hari dan bisa lebih lama pada keguguran.

Kram perut

Pada implantasi kram perut terjadi ringan dan hanya berlangsung sebentar, sedangkan  pada haid atau keguguran terdapat nyeri perut bawah yang hebat.Darah yang keluar juga bisa terjadi pada kehamilan muda akibat berhubungan seksual, infeksi atau iritasi terdapat pemakaian produk kewanitaan. Apabila ada ditemukan tanda-tanda yang tidak lazim yang buka merupakan tanda implantasi pada kehamilan maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan di klinik atau rumah sakit terdekat. Sementara hindari beraktivitas berat, tirah baring, perbanyak minum air putih dan makan bernutrisi. Hindari stres dan istirahat cukup serta mengkonsumsi suplemen secara rutin.Semoga bermanfaat.
Salam sehat
dr. Pany CL
trimester pertama kehamilanflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil