Keluar flek kecoklatan apakah kanker atau infeksi atau hanya masalah hormonal

L Info Penanya: L, Wanita, 26 Tahun
Dokter saya ingin bertanyadari tanggal 29 Juli sampai 11 Agustus saya keluar kecoklatan , seperti flek namun jumlahnya lumayan banyak sehingga harus memakai pantyliner, tidak bau tidak gatal tidak perih.. namun tanggal 12 Agustus sampai 15 Agustus keluar darah, saya kira haid tapi ternyata keluar darah kalo pagi aja, itu juga tidak banyak, bahaya ga dok? itu kenapa ya ? kanker atau infeksi ? atau hanya hormon? mestinya tanggal 10 Agustus saya haid tp ini tidak menimbulkan gejala seperti orang haid, volume tidak banyak, bahkan saya hanya memakai pantyliner saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L

Keluarnya flek kecoklatan dapat disebabkan beberapa kondisi seperti hamil, efek samping kontrasepsi IUD, sisa flek setelah haid.

Pada kondisi pengeluaran flek yang lebih berat biasanya dapat menjadi tanda infeksi radang panggul, penyakit menular sexual akibat melakukan hubungan sex berganti-ganti, pasca melakukan pemeriksaan Paps smear dan yang lebih berat akibat kanker serviks yang biasanya ditandai keluar flek kecoklatan atau darah pasca berhubungan. 

Untuk skrining awal sebaiknya anda melakukan pemeriksaan test pack apakah sumber gangguan flek coklat dari masalah kehamilan atau tidak, jika pengeluaran flek coklat cukup banyak sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan (Sp.OG) untuk mencari tahu sumber terjadinya flek coklat.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.