Kenapa keluar flek dari vagina ketika hamil?

AN* Info Penanya: AN*
Permisi dok..Saya hamil sudah 6 bulan 2 minggu..kenapa saya keluar flek saat buang air kecil ya dok padahal kondisi saya baik baik saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang G,

Hamil merupakan kondisi yang dinanti-nanti setiap pasangan yang baru menikah maupun yang ingin menambah momongan, sehingga sangat cemas bila ada hal-hal yang tidak wajar seperti flek, kram perut, keputihan, nyeri pinggang, mual, dll terjadi selama kehamilan.

Perihal flek-flek yang terjadi selama kehamilan bisa saja normal sebagai proses penempelan janin ke rahim, namun juga bisa tidak normal akibat :
  1. Iritasi serviks. Ketika hamil maka pembuluh darah di serviks akan lebih banyak dan membesar, sehingga akan lebih mudah berdarah bila ketika berhubungan seksual, penetrasi penis terlalu dalam atau terlalu bersemangat.
  2. Kehamilan ektopik/ hamil diluar kandungan. 
  3. Hamil anggur, dimana kadar hormon HCG ditemukan dalam jumlah berlebihan namun denyut janin tidak terdengar samasekali.
  4. Ancaman keguguran. Bila darah yang keluar banyak dan disertai dengan perut yang kram atau mulas.
Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :
  1. Perbanyak minum air putih, minimal 2 liter setiap hari.
  2. Perbanyak berbaring di ranjang, jangan banyak jalan-jalan.
  3. Bila perut terasa agak kram, kompres dengan air hangat.
  4. Untuk sementara waktu jangan berhubungan seksual dulu.
  5. Jangan cemas dan tetap berpikir positif.

Namun sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk dilakukan USG guna memastikan kondisi janin Anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran lingkar lengan atas menggambarkan lapisan lemak di bawah kulit dan jaringan otot yang menjadi indikator status nutrisi orang dewasa

Lingkar Lengan Atas, Indikator Penting Sebelum Jadi Bumil

Ukuran lingkar lengan atas ternyata dapat menjadi indikator status nutrisi orang dewasa. Lingkar lengan atas wanita usia subur di Indonesia setidaknya harus berukuran 23,5 cm sebelum hamil.