Keluar flek darah setelah haid

A Info Penanya: A
Malam dok...saya seorang ibu berusia 38 tahun dan sudah mempunyai anak usia 10 tahun...hari Kamis saya mulai haid dan Selasa sudah tidak keluar darah atau flek lagi,tetapi rabu sampai hari ini saya keluar flek darah tetapi hanya sedikit (sekitar 2 tetes). Baru kali ini saya seperti ini dan haid saya selalu teratur. saya juga tidak menggunakan KB...mohon penjelasannya mengenai hal tersebut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Keluar darah atau flek darah yang hanya sedikit setelah menstruasi adalah hal yang bisa normal ataupun perlu diwaspadai. Perdarahan diluar masa menstruasi merupakan kondisi yang bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Tanda kehamilan
  • Masalah hormonal
  • Gangguan organ reproduksi seperti endometriosis, polip rahim, peradangan vagina
  • Bisa terjadi karena perdarahan akibat berhubungan seksual

Apabila perdarahan hanya timbul 2 hari bisa coba diperhatikan di siklus berikutnya apakah tetap haid seperti biasa atau kembali keluar flek diluar siklus menstruasi. Jika tetap menstruasi seperti biasa tetapi kembali keluar flek maka perlu dicari tahu apa yang jadi penyebabnya pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Apabila di siklus berikutnya ternyata tidak haid atau terlambat haid, bisa coba melakukan tes kehamilan menggunakan testpack. Jika hasilnya ternyata samar atau positif perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG apakah hamil atau tidak.

Jika negatif tapi flek sering kali masih timbul bercak darah nantinya bisa diberikan pengobatan untuk menghentikan perdarahannya ataupun perlu dilakukan tindakan apabila ada gangguan organ reproduksi yang jadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan olahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.