Flek berwarna gelap setelah 1,5 tahun tidak haid, karena apa ?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 22 Tahun
Halo dok, mau tanya, hampir udh 1,5 thn tidak haid setelah melahirkan lalu tiba-tiba keluar flek darah berwarna gelap, apakah itu tanda² mau haid lagi atau kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AA.

Flek berwarna gelap yang keluar dari vagina dapat terjadi karena berbagai macam faktor yang berhubungan dengan siklus haid dan hormon yang mengaturnya. Hormon tersebut adalah hormon estrogen dan progesteron.

Mengenai keluhan Anda, secara umum pasca melahirkan, siklus haid dapat menjadi tidak teratur disebabkan pula oleh keadaan hormon, khususnya hormon yang bekerja saat menyusui. 

Ketika seorang wanita menyusui secara eksklusif, hormon yang dikeluarkan yakni hormon prolaktin, akan mengalami peningkatan dan melakukan penekanan kepada hormon estrogen dan progesteron yang mengakibatkan seorang Ibu menyusui dapat tidak mengalami ovulasi, atau masa pengeluaran sel telur matang dari indung telur. Sedangkan ketika sel telur yang dikeluarkan tidak dibuahi, akan meluruh dan menjelma menjadi darah menstruasi. Itulah mengapa Anda tidak mengalami haid pasca melahirkan, dan semakin sering menyusui, atau menyusui secara eksklusif, semakin lama kedaaan tidak haid dapat terjadi.

Terkait dengan flek berwarna gelap yang keluar setelah 1,5 tahun, mungkin dapat berupa tanda akan terjadinya haid. Hal ini dapat berkaitan juga dengan kekeraoan menyusui yang mungkin sudah semakin menurun saat ini. Sehingga Anda kembail mengalami ovulasi dan peluruhan sel telur yang tidak dibuahi. Dapat pula merupakan tanda awal kehamilan atau yang disebut dengan perdarahan implantasi, jika ada riwayat berhubungan dalam waktu yang reatif dekat. Untuk memastikan Anda dapat melakukan test pack terlebih dahulu.

Jika Anda menginginkan keterangan lebih lanjut, berkonsultasilah secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar paham dan tidak menyakiti istri, kenali cara berhubunganintim setelah melahirkan.

Panduan untuk Suami Istri, Ini Cara Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Suami harus mengerti, masa setelah melahirkan bisa menurunkan libido istri. Jika ingin berhubungan intim, ada baiknya mengetahui cara berhubungan intim setelah melahirkan, agar nyaman dan aman bagi suami dan istri.