Keluar flek dan semakin banyak darah keluar

AR Info Penanya: AR, Wanita, 23 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, dari tanggal 4 saya haid sampai tanggal 8 bulan 9 tahun 2019 ini, terus saya berhubungan rutin dengan suami saya setelah 3 hari haid selesai, kemudian setelah hari ke 9 saya berhenti haid, flek darah keluar sampai saat ini uda 4 hari dan semakin hari darah yang keluar semakin banyak dok. Itu kenapa ya dok? Apakah ada yang salah dari rahim saya ? Selama keluar flek saya merasakan sakit perut, tapi tidak terlalu sakit. dan saya sering mual dipagi hari siang hari dan malam hari dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Perdarahan diluar masa menstruasi dapat timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya:

  • Gangguan hormonal
  • Efek penggunaan kontrasepsi
  • Stres
  • Infeksi pada organ reproduksi
  • Gangguan organ reproduksi seperti endometriosis, tumor jinak di rahim, penyakit radang panggul
  • Kehamilan dimana terjadi perdarahan implementasi
  • Gangguan nutrisi

Untuk itu apabila sudah berlangsung lebih dari 7 hari ada baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebabnya. Lakukan juga pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack untuk melihat apakah ada kemungkinan hamil atau tidak. Cukup istirahat, perbanyak minum air putih dan hindari stres untuk memperbaiki gejala yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita dipengaruhi dengan siklus haid wanita agar dapat hamil

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Mencatat siklus menstruasi sangat penting, jika Anda merencanakan kehamilan atau malah menghindarinya. Lewat siklus haid, kita dapat menentukan hari-hari yang paling subur dan kemungkinan untuk hamil lebih besar. Mitos menyebutkan bahwa seorang wanita tidak dapat hamil ketika dia sedang haid.