Keluar flek dan kram perut

A Info Penanya: A, Wanita, 26 Tahun
Dok mau tanya, saya sudah telat mens 8hari itu yg saya rasain cuma perut kram, payudara membesar dan puting nyeri sekali. Dan hari ke 9 nya pas saya ke kamar mandi saya liat ada flek darah warna pink tapi pas sorenya saya liat lagi kok gk keluar, saya belum coba untuk tespek takutnya nanti hasilnya garis 1. Apa itu tanda-tanda hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Tanda hamil yang bisa terjadi diawal kehamilan utamanya adalah terlambat haid, selain itu bisa juga timbul keluhan mirip gejala PMS seperti rasa tidak nyaman di payudara, merasa mudah lelah, badan terasa pegal-pegal, emosi yang lebih mudah berubah-ubah, bisa timbul flek cokelat dan lainnya.

Apabila ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya dan terjadi terlambat haid ataupun timbul flek, sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. Jika nanti hasilnya negatif atau samar tidak perlu khawatir atau kecewa, bisa coba diulang dalam 14 hari.

Penyebab lain terlambat menstruasi

Tidak jarang terlambat menstruasi juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  • Diet ketat
  • Mengalami stres fisik dan mental
  • Terjadi ketidakseimbangan hormonal 
  • Ada masalah pada organ reproduksi
  • Penggunaan alat kontrasepsi

Untuk itu bisa coba dilakukan pemeriksaan. Jika taktu atau ragu, bisa juga ditunggu sampai siklus berikutnya. Jika masih belum juga terjadi menstruasi bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan apa yang jadi penyebab kondisi yang dialami saat ini. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan juga pemeriksaan lain seperti misalnya pemeriksaan hormonal dan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.