20 Jul 2020, 06:00Kandungan

Testpack positif, tapi keluar flek cokelat dan perut nyeri

PW
Info Penanya: PW0
Assalamualaikum dok, saya sudah telat menstruasi 1 minggu setelah testpack ternyata positif dengan garis samar, tapi sehari kemudian keluar flek coklat dan gumpalan2 kecil, juga perut sering terasa nyeri seperti menstruasi dan punggung terasa sakit. Apakah saya hamil dok?
13280 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, PW.Testpack positif adalah kondisi ketika ada hormon kehamilan hCG terdeteksi pada urine. Apabila testpack dilakukan dengan cara yang benar pada seorang wanita usia subur, maka besar kemungkinan bahwa wanita tersebut hamil. Selain dengan menggunakan testpack, kehamilan juga dapat dikonfirmasi dengan USG, dimana akan ditemukan gambaran kantung kehamilan. Pada beberapa wanita, juga ditemui tanda-tanda fisik seperti mual, muntah, nyeri payudara, menginginkan konsumsi makanan tertentu, emosi yang tidak stabil, serta gairah seksual yang berubah.Apabila saat hamil seorang wanita mengalami nyeri perut yang disertai dengan keluarnya gumpalan dari vagina, hal ini bisa jadi pertanda akan atau sudah terjadinya keguguran. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan inspekulo.Dengan pemeriksaan, maka akan diketahui apa yang Anda alami:
  • Abortus imminens atau terancam keguguran, dimana kehamilan masih dapat dipertahankan
  • Abortus inkomplit, yaitu terjadinya keguguran tetapi rahim belum bersih
  • Abortus komplit, yaitu rahim sudah bersih dan janin sudah gugur sepenuhnya
  • Tidak terjadi abortus, melainkan hanyalah tanda kehamilan biasa
Setelah diketahui kondisi yang Anda alami, maka dokter dapat memberikan penanganan yang tepat. Misalnya, pada abortus imminens biasanya akan diberikan obat penguat kandungan, serta dianjurkan untuk tirah baring dan tidak beraktivitas terlalu lelah. Sedangkan pada abortus inkomplit, biasanya akan direncanakan tindakan kuretase.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kehamilanabortus imminensabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil