keluar flek coklat setelah berhubungan

L Info Penanya: L, Wanita, 25 Tahun
Saya baru tgl 12 haid selese haid selama seminggu, setelah saya pake hubungan kok keluar coklat2 sampe sekarang kenapa ... Harus bagaimana dok ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L

Keluarnya cairan vagina merupakan kondisi normal pada wanita jika berwarna putih, hal ini dapat terjadi sebelum dan sesudah menstruasi. Kondisi flek juga dapat menjadi tanda patologis jika terjadi perubahan warna disertai nyeri dan gatal pada vagina.

Terjadinya flek warna coklat dapat merupakan sisa darah menstruasi, namun jika menstruasi telah selesai dan bersih, maka penyebab flek coklat pasca berhubungan dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti luka akibat hubungan seksual, infeksi menular seksual, infeksi radang panggul dan tanda adanya kanker serviks. 

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan vagina, hindari pemakain sabun pembersih vagina dan segera berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG, mungkin anda perlu menjalani pemeriksan Papsmear dan IVA, jika hasil tidak menunjukkan tanda kanker servisk, sebaiknya anda melakukan vaksinasi HPV. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Adanya benjolan, rasa gatal, dan pendarahan pada vagina bisa jadi tanda dari kanker vagina

Ciri-Ciri Kanker Vagina: Deteksi Dini dan Pencegahan

Berbeda dari kanker serviks, kanker vagina adalah kanker yang muncul pada bagian saluran yang menghubungkan rahim dengan bagian luar vagina. Ciri-ciri kanker vagina biasanya sulit untuk dideteksi. Namun, seiring makin menyebarnya kanker, ciri-ciri kanker vagina akan makin terlihat.