01 Jul 2021, 22:05Kandungan

Keluar flek coklat apakah efek kb?

MW
Info Penanya: MW0
Dok saya belum punya anak, tapi setelah nikah sempat kb suntik 3bulan 1x suntik karna tuntutan mertua. Bulan maret kemarin harusnya suntik lagi, tapi saya stop karna sebenernya mau punya anak. Selama kb saya ga haid, cuma ngeflek sedikit2 aja pada siklus haid. Seelah stop kb justru jadi ga haid sama sekali. Lalu tgl 13 Juni kemarin saya ngeflek lagi (pada siklus haid) selama 4 hari, lalu pada tgl 24 Juni saya ngeflek lagi tapi bercampur dengan darah encer selama seminggu. Itu kenapa ya dok?
83 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Suntik KB dilakukan untuk mencegah kehamilan, suntik KB juga ada 3 macam yaitu suntikan 1 bulan dan suntik 3 bulan yang memiliki kandungan hormon yang lebih besar dibandingkan KB 1 bulan. Dengan menggunakan KB artinya Anda memasukkan hormon tambahan dari luar tubuh yang kemudian akan bercampur dengan hormon alami dari tubuh sehingga sangat mungkin hormon alami tubuh harus menyesuaikan diri atau terganggu siklusnya.

Efek suntik KB meskipun sudah lepas KB

Suntikan KB 3 bulan memang dapat mengganggu haid hingga beberapa bulan setelah lepas KB, untuk itu jika Anda mengalami keluhan ini, Anda tidak perlu kawatir karena efek tersebut akan berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya mengikuti berkurangnya efek hormon tambahan dari suntikan KB. Gangguan menstruasi karena suntik KB, dapat membuat wanita mengalami masa kurang subur dan tidak dapat langsung hamil setelah lepas suntik.Namun tidak ada salahnya untuk tetap melakukan promil yaitu hubungan seksual rutin selama 2hari sekali dan hubungan seksual rutin setiap hari pada tanggal yang seharusnya Anda masa subur. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar promil cepat berhasil. Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil