22 Jun 2021, 14:35Kandungan

Timbul flek coklat setelah stop KB suntik, apakah tanda kehamilan ?

AR
Info Penanya: AR0
Dok saya bulan maret stop kb suntik, lalu saya sama sekali tidak haid. Selang 3bulan tiba2 keluar flek coklat pada siklus haid, saya biasanya haid tgl 13. Tapi keluarnya sedikit2, misal malam keluar sedikit, pagi ga keluar sama sekali, nanti keluar lagi siang. Keluar flek coklat itu juga disertai kram ringan pada perut bawah, nyeri pinggang, mual, pusing, badan mudah lelah. Kira2 flek coklat yg keluar itu apakah masih efek samping kb suntik atau tanda awal kesuburan ya dok?
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.KB suntik menjadi salah satu piihan ibu saat ingin menunda kehamilan. Suntik KB banyak dipilih karena praktis, tidak perlu konsumsi pil setiap hari, tidak perlu tindakan seperti IUD dan pasang implan, bisa berhenti KB kapan saja.

Apa yang menyebabkan flek coklat setelah stop KB suntik ?

Anda yang stop KB suntik bulan Maret, lalu tidak haid sama sekali dan keluar flek coklat dalam jumlah sedikit hilang timbul disertai keram ringan pada perut bawah, nyeri pinggang, mual, pusing, badan mudah lelah, dapat disebabkan oleh kehamilan.Anda bisa saja tidak menyadari jika telat datang bulan selama ini karena kehamilan. Anda dapat melakukan test pack segera. Namun jika hasil masih samar, Anda dapat mengulang test pack 1 minggu kemudian menggunakan urin di pagi hari. Jika hasil masih tetap meragukan, konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk USG.Selain kehamilan, keluhan tidak datang bulan dan gejala lain yang Anda alami bisa disebabkan oleh gangguan hormon pasca suntik KB, memiliki berat badan obesitas atau terlalu kurus, stress dan lelah menghadapi pekerjaan rumah tangga, gejala PCOS, gaya hidup tidak sehat dan gejala anemia.Jika Anda memang tidak hamil, agar haid Anda menjadi teratur kembali, Anda harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat ya. Jangan lupa untuk selalu olahraga, menjaga berat badan ideal, istirahat cukup, kelola stress dengan baik dan makan bergizi. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilangangguan menstruasiflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil