04 Dec 2020, 03:03Kandungan

Penyebab flek kecoklatan sebelum berhubungan

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya mengalami kedua kali kasus yg sama. Ketika saya tidak melakukan hb, haid saya normal (langsung keluar bercak darah). Tapi ketika seminggu itu saya melakukan hb, ada selang 5 hari kemudian keluar flek coklat sedikit selama 2-3 hari tapi tidak dilanjut dengan keluar darah haid. Itu kenapa ya dok? Saya sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif sih.
579 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo S, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Flek kecoklatan sering dialami oleh setiap wanita, flek kecoklatan dapat disertai nyeri, atau tidak. Biasanya haid ini terjadi menjelang menstruasi dan akhir mentruasi, flek dapat terjadi pasca berhubungan seksual. Kurangnya pelumas saat berhubungan, membuat gesekkan melukai vagina, sehingga berhubungan menjadi nyeri dan menimbulkan flek.

Penyebab flek kecoklatan

Penyebab flek kecoklatan antara lain :
  • Proses implantasi
  • Flour albus (keputihan yang disertai darah)
  • Endometriosis
  • Abortus
  • Gangguan hormon menjelang, saat, dan setelah menstruasi
  • Penggunaan alat kontrasepsi baik hormon maupun tidak seperti IUD
  • PCOS
Selain masalah di atas flek kecoklatan dapat disebabkan oleh rasa lelah akibat beraktifitas yang terlalu berat, sehingga metabolisme terganggu dan menimbulkan flek.Untuk penatalaksanaan flek coklat dengan cara mencari tahu penyebab yang ada,dan mengatasinya. Jika flek keluar terus menerus, Anda dapat istirahat terlebih dahulu, hindari mengangkat beban berat, dan berhubungan seksual. Anda juga sebaiknya menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, menghindari stress, makan dengan gizi seimbang, pertahankan BB yang optimal.Anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan baik dengan testpack, pemeriksaan urin di laboratorium, dan USG jika Anda mengalami telat haid lebih dari siklus yang normal yaitu 21-35 hari, dapat atau tidak disertai tanda kehamilan yang lain.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
pcospremenstrual syndrome (PMS)usg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil