Keluar flek cokelat saat hamil 5 minggu

RD Info Penanya: RD, Wanita, 34 Tahun
dokter, usia kandungan saya berdasarkan pemeriksaan 5w2d. 5hr lalu saya mengalami flek coklat. setelah 3hari saya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, kondisi kantung kehamilan masih bagus. lalu dokter memberikan obat duphaston dan kalnex. dan disarankan kontrol kembali 2 minggu ke depan. sudah 3hr mengkonsumsi obat, flex masih ada terkadang keluar berwarna merah hati. apa saya harus segera ke dokter kandungan lagi? atau tunggu hingga 2 minggu seperti yg dijadwalkan? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Keluar flek saat hamil trimester awal dapat timbul karena beberapa pencetus seperti diantaranya adalah:

  • Adanya polip atau jaringan lunak yang mudah berdarah di rahim
  • Adanya infeksi pada vagina atau mulut rahim
  • Iritasi di serviks atau leher rahim
  • Gangguan pada kehamilan seperti gangguan letak plasenta, kehamilan di luar rahim, hamil anggur ataupun dapat terjadi risiko keguguran

Untuk itu perlu diwaspadai jika masih tetap timbul dan timbul gejala tambahan seperti perdarahan semakin banyak seperti haid, sakit kepala hebat, keluar cairan dari vagina, nyeri perut bawah, ataupun demam dimana perlu untuk segera memeriksakan diri kembali agar memastikan apa penyababnya.

Untuk sementara tetap ikuti petunjuk dokter dan kembali kontrol pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, lebih banyak istirahat, konsumsi makanan bergizi, hindari aktivitas berat, cukupi kebutuhan cairan tubuh, letakan kaki lebih tinggi dari tubuh saat istirahat dan hindari terpapar dengan asap rokok, alkohol ataupun juga stres karena bisa berpengaruh pada kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.