Kenapa keluar darah warna coklat setelah berhubungan?

L Info Penanya: L, Pria, 22 Tahun
Dok mau nanya, pacar saya keluar darah warna coklat sedikit sih setelah 1 hari berhubungan sex, itu kenaoa ya dok ? Bahaya ga ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Berhubungan seksual diluar nikah tentu sangat berbahaya, baik dari segi risiko tertular penyakit infeksi menular seksual, hingga terjadinya kehamilan.

Perihal munculnya darah berwarna kecoklatan setelah 1 hari berhubungan seksual, maka kemungkinan bisa terjadi akibat adanya iritasi pada vagina akibat penetrasi penis membuat lecet pada vagina maupun serviks. Selain itu juga bisa proses penempelan janin ke rahim bila berhubungan seksual di masa subur pacar Anda.

Saat ini yang dapat dilakukan adalah mencegah berhubungan seksual kembali, setidaknya sampai flek kecoklatannya sembuh. Bila sampai pacar Anda terlambat haid, maka jarak 1 minggu setelah terlambat haid maka pacar Anda perlu melakukan pemeriksaan tes pack, untuk memastikan sedang hamil atau hanya stres ketakutan hamil saja.

Bila hasil tes pack pertama menunjukkan 2 garis samar, maka tes pack perlu diulang dengan jarak 1 minggu setelah tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasil. Karena pemeriksaan tes pack yang terlalu cepat menimbulkan hasil yang kurang akurat.

Sebaiknya hindari berhubungan seksual diluar nikah demi kebaikan Anda bersama, gunakan kondom bila berhubungan seksual untuk mencegah penularan infeksi menular seksual.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila muncul bercak darah yang disertai dengan perut kram ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi pacar Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tipe prosedur sunat perempuan membuat klitoris robek atau klitoris terpotong

Tak Dianjurkan oleh Medis, Benarkah Klitoris Disunat Saat Prosedur Sunat Perempuan?

Sunat perempuan terus menjadi perdebatan. WHO mengelompokkan prosedur tersebut menjadi empat tipe, yang keseluruhannya membuat klitoris robek atau klitoris terpotong.