09 Aug 2020, 11:05Kandungan

Keluar bercak darah setelah terlambat menstruasi 2 minggu, apakah penyebabnya?

TO
Info Penanya: TO0
Dok saya udah telat 2 minggu , dan selama hampir 1 bulan pusing juga mual . Biasanya haid saya normal dan enggak pernah telat . Pernah keluar bercak darah juga sekitar 3 minggu yang lalu . Itu kenapa ya dok ?
9067 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, TTerima kasih atas pertanyaan AndaKeluarnya bercak darah atau kerap kali disebut dengan flek setelah mengalami terlambat menstruasi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti munculnya bercak perdarahan karena awal dari menstruasi, bisa karena adanya masalah pada organ reproduksi wanita, atau bahkan karena adanya perdarahan implantasi, terlebih ketika ada dirwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya.Perdarahan implantasi adalah perdarahan yang kerap terjadi pada awal kehamilan. Kondisi ini dikarenakan menempelnya embrio atau calon janin ke dinding rahim. Tidak semua orang mengalami perdarahan implantasi, namun perdarahan implantasi ini normal terjadi. 

Adapun beberapa ciri dari perdarahan implantasi adalah:

  • Perdarahan hanya berupa bercak atau flek (tidak banyak)
  • Perdarahan berwwarna merah terang atau sedikit kecoklatan
  • Tidak ada gumpalan
  • Hanya terjadi beberapa jam atau paling lama hanya 3 hari saja
Terkait dengan pertanyaan Anda, bila terdapat riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk deteksi dini dari kehamilan. Perlu diketahui bahwa mual muntah, pusing, nyeri perut, mudah lelah dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan. Tanda pasti dari kehamilan adalah pemeriksaan USG kehamilan serta pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan dan juga hasil positif dari tes kehamilan yang bisa diakukan secara mandiri.Beberapa tindakan yang saat ini bisa Anda lakukan adalah:
  • Lakukan istirahat yang cukup, hindari kelelahan serta stres
  • Konsumsi makanan yang bergizi, perbanyak sayur dan buah
  • Cukupi kebutuhan cairan harian
  • Lakukan olahraga ringan agar badan sehat
Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan bila hasil tes kehamilan menunjukan positif dan atau bila siklus menstruasi masih belum lancar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
kehamilanmenstruasites kehamilanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil