22 Dec 2020, 12:20Kandungan

Apakah berbahaya keluar darah setelah haid?

AN
Info Penanya: AN0
Darah keluar sedikit setelah seminggu haid itu gimana ?
532 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, ANTerima kasih atas pertanyaannya.Flek atau perdarahan ringan setelah haid dapat terjadi pada beberapa kondisi.  Umumnya tidak berbahaya dan bukan sebagai penanda penyakit serius.  Namun, jika berulang perlu pemeriksaan lanjutan.

Penyebab flek setelah haid :

  • Sisa darah haid. Terkadang pada beberapa wanita jeda haid beberapa hari dapat timbul flek ringan karena sisa darah haid sebelumnya yang baru keluar.
  • Flek kehamilan. Perdarahan ringan yang terjadi karena perlekatan sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.  Perdarahan ringan hanya 1-3 hari dengan konsistensi berbeda dengan darah haid.
  • Penggunaan KB. KB seperti pil KB, suntik KB sering menimbulkan efek perdarahan di luar siklus haid.
  • Peradangan vagina. Ketika terjadi infeksi pada vagina, pembuluh darah akan meradang dan dapat pecah sehingga menimbulkan perdarahan.
  • Gangguan pada rahim.
Jika perdarahan tidak berulang maka tidak perlu khawatir.  Namun, jika berulang, perdarahan lebih dari 7 hari maka anda dapat periksakan ke dokter kandungan guna mengetahui apakah perdarahan karena faktor hormonal atau ada penyakit yang menyertai.  Anda juga dapat melakukan tes kehamilan jika sebelumnya ada riwayat berhubungan intim.Saat ini, istirahat cukup, hindari stress, perbanyak air putih, konsumsi makanan dan minuman sehat, olahraga teratur untuk menjaga siklus haid dan hormon tetap stabil.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanpenggunaan kbflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil