Keluar darah setelah onani, kenapa?

D Info Penanya: D
Selamat Malam Dokter. Dokter saya mau tanya. Saya baru saja melakukan onani dan ada darah yang keluar dari alat kelamaluan saya. Tidak banyak. Mungkin hanya sekitar 2 tetep.1. Apakah itu berbahaya?2. Apakah bisa diobati tanpa harus ke dokter? Obat apa yang bisa saya beli untuk sakit ini?Terimakasih Dokter. Selamat Malam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Onani atau masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri agar mencapai klimaks atau orgasme. Onani memberi manfaat bagi tubuh, misalnya membantu produksi hormon kebahagiaan dan membuat tidur lebih rileks, selama tidak dilakukan berlebihan. Apabila berlebihan, onani menjadi berbahaya karena mengganggu fisik dan pikiran.

Terkait pertanyaan Anda, sayangnya pada data tidak tertera jenis kelamin Anda. Apabila Anda seorang wanita, kemungkinan besar tetesan darah bisa disebabkan oleh robekan selaput dara, luka pada vagina, atau tiba saatnya menstruasi. Dan apabila Anda seorang pria, tetesan darah yang keluar bersama sperma bisa mengindikasikan adanya perlukaan pada kantung testis, saluran sperma, maupun saluran kemih. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan (jika Anda wanita) atau dokter spesialis urologi (jika Anda pria), untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang yang diperlukan, lalu memberikan penanganan yang sesuai untuk Anda.

Untuk sementara, hindari melakukan onani atau hubungan seksual terlebih dahulu, ya. Jaga kebersihan area kelamin dengan baik. Untuk mengurangi nyeri, sementara waktu Anda bisa mengonsumsi paracetamol atau obat antinyeri lain yang dijual bebas sesuai dosis.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah orgasme pada wanita dapat berdampak pada hubungan seksual dengan pasangan

Tidak Hanya Pria, Susah Orgasme Juga Bisa Melanda Wanita

Masalah susah orgasme tidak hanya dialami oleh kaum Adam saja, faktanya, kaum Hawa juga dapat merasakan susah orgasme. Susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fisik, psikologis, dan hubungan dengan pasangan.