Penyebab munculnya flek setelah menstruasi

SU Info Penanya: SU, Wanita, 25 Tahun
Malam dok,6 hari yg lalu selesai mens,dan sekarang keluar darah cair dan sedikit.pertanyaan saya1.apa penyebabnya?2.normal atau tidak?3.apa yg harus saya lakukan?terimakasih dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Keluar flek saat sudah selesainya masa menstruasi merupakan hal yang wajar dan sering terjadi di hampir setiap wanita. Tidak perlu dikhawatirkan karena masih hal yang normal. Munculnya flek setelah menstruasi dipengaruhi oleh beberapa hal.

Penyebab timbulnya flek setelah menstruasi:

  • Sisa darah dari rahim. Adanya sisa darah haid di rahim biasanya akan menimbulkan gejala flek. Flek ini sendiri biasanya berwarna merah gelap atau coklat.
  • Efek samping dari KB. Pemakaian KB cenderung memberikan efek haid yang tidak teratur sehingga sering muncul flek-flek.
  • Tanda kehamilan. Flek juga bisa muncul sebagai tanda kehamilan. Ketika seseorang tidak mengalami menstruasi yang lama dan timbul flek, maka dapat dikatakan itu perdarahan implantasi.
  • Perimenopause. Kondisi ini merupakan fase peralihan menuju menopause.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi gangguan keseimbangan hormon pada tubuh seseorang, sering menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur dan terkadang timbul flek coklat setelah haid.
  • Infeksi menular seksual seperti vaginosis, klamidia, dan gonore.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda tidak perlu merasa khawatir dan tidak perlu mengkonsumi sembarangan obat untuk menghentikannya. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup memperhatikan apakah flek yang Anda alami ini berlangsung lama atau tidak. Lalu, darah yang keluar cukup banyak atau tidak, muncul keluhan penyerta lain seperti kram perut, sensasi terbakar saat BAK, demam, dan nyeri saat berhubungan seks. Jika kondisi-kondisi tadi Anda alami, maka saya sarankan untuk Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara agar perempuan PCOS bisa hamil adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal

Adakah Kemungkinan Perempuan dengan PCOS Bisa Hamil?

PCOS atau sindrom polikistik ovarium terjadi karena ketidakseimbangan hormon.Perempuan dengan PCOS bisa hamil asal tahu betul bagaimana menjaga berat badan serta menghindari kemungkinan komplikasi.