25 May 2021, 06:00Kandungan

Keluar darah setelah haid, apakah berbahaya?

DF
Info Penanya: DF0
Selamat pagi dokter,saya haid terakhir tgl 11-15 mei 2021 dgn siklus haid berubah2...kadang 28 hari tp bisa jd 20 atau 21 hari.tgl 21-23 mei timbul flek,dan tgl 24mei malam sampai 25 mei pagi keluar darah segar lumayan bnyk..kira2 knp ya dok? Terima kasih?
71 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, DFTerima kasih atas pertanyaannya.Siklus haid normalnya 21-35 hari sekali, jadi selama haid muncul dalam batas tersebut dikatakan normal.  Jika siklus haid terjadi di luar siklus tersebut maka ada gangguan pada siklus haid yang menyebabkan tidak normal.

Penyebab gangguan siklus haid :

  • Stres, cemas berlebihan.
  • Kelelahan dan sering begadang.
  • Obesitas atau badan terlalu kurus.
  • Penggunaan KB hormonal ataupun kehamilan.
  • Kelainan pada rahim.
  • Gangguan di hormon tiroid.
Bila dihitung dari awal haid sebelumnya maka haid anda seharusnya terjadi saat 1-15 juni.  Jadi flek dan haid yang terjadi saat ini termasuk dalam ketidaknormalan.  Hal ini dapat dipengaruhi oleh hormonal atau gangguan di rahim seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sementara ini jaga kebersihan kelamin, perbanyak air putih, jaga berat badan seimbang, hindari stres dan begadang, olahraga teratur, batasi makanan dan minuman kurang sehat untuk menjaga siklus haid normalBila flek di luar siklus haid ini berulang di 3 kali periode haid selanjutnya ada baiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk cek rahim sehingga dapat diketahui keluhan karena hormon tidak stabil atau adanya penyakit tertentu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
siklus haidgangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil