06 Oct 2020, 06:14Kandungan

Keluar darah pasca berhubungan, apa penyebabnya?

AA
Info Penanya: AA0
Dok, di hari ke 11( kecoklatan ) dan ke-15 setelah haid saya berhubungan di malam hari, tapi di hari ke 15nya ketika hendak mandi ada bercak darah yg keluar, apa maksudnya ya .mohon solusinya dok .
333 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, AA.Bercak darah yang keluar dari vagina bisa disebabkan karena berbagai kondisi, baik yang berbahaya maupun tidak. Apabila bercak tersebut terjadi akibat hubungan intim hari ke-11, maka bisa jadi itu adalah perdarahan implantasi (perlekatan bakal janin ke dinding rahim), yang merupakan tanda kehamilan.Tetapi, apabila bercak tersebut terjadi akibat hubungan intim hari ke-15, maka kondisi ini disebut sebagai post-coital bleeding. Beberapa penyebabnya adalah:
  • Adanya gesekan atau luka di vagina karena penetrasi yang terlalu dalam
  • Robekan selaput dara (apabila Anda baru berhubungan dua kali)
  • Polip pada vagina
  • Kanker serviks
  • Gangguan atau ketidakseimbangan hormon
Apabila bercak hanya dialami selama satu hari dan tidak berkelanjutan, serta tidak menimbulkan rasa nyeri, maka Anda dapat memantaunya terlebih dahulu. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan vagina dengan mengganti celana dalam yang berdarah, atau menggunakan pembalut maupun pantiliners. Lalu, apabila Anda mengalami keterlambatan haid pada saat siklus berikutnya, Anda juga dapat melakukan testpack. Seperti yang telah diuraikan di atas, salah satu penyebabnya mungkin saja kehamilan. Atau, Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dilakukan USG rahim. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
masalah seksualhubungan seksualflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil