02 Sep 2021, 22:44Kandungan

Apa sebab flek kecoklatan pada pengguna IUD?

DM
Info Penanya: DM, Wanita, 24 Tahun
Dok , saya habis operasi sc dan memakai kb iud 2bulan ini . Bulan kemarin saya sudah haid dan 3 hari setelah selesai haid muncul darah kecoklatan ini sudah 2 hari tapi sedikit kadang keluar kadang tidak , kira2 kenapa ya dok ? Apakah tidak apa2
80 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaannya.IUD adalah jenis KB yang dimasukkan ke dalam rahim yang dapat berfungsi dalam mencegah kehamilan.  KB IUD ada yang mengandung hormonal ada pula yang non-hormonal.  Kerja keduanya sama-sama mencegah sperma untuk membuahi sel telur.  Selain kerja tersebut, tentu ada beberapa efek yang mungkin dialami.  

Efek samping KB IUD :

  • Gangguan siklus haid pada IUD jenis hormonal. 
  • Perdarahan di luar siklus haid. 
  • Rasa tidak nyaman di perut dan kelamin pada 1-2 bulan pemakaian. 
  • Sering sakit kepala. 
  • Payudara yang lebih nyeri.
Jadi, ada kemungkinan flek atau perdarahan disebabkan efek samping IUD yang digunakan tetapi juga bisa sisa darah haid sebelumnya.  Tidak perlu khawatir, Ibu bisa evaluasi dalam 2 periode haid kedepan, jika flek diluar siklus haid tetap berulang maka ada baiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk cek IUD dan rahim secara keseluruhan.  Sementara ini jaga berat badan seimbang, perbanyak air putih, kelola stres dan begadang, istirahat cukup, pola makan sehat dan bebas pengawet, olahraga teratur untuk jaga siklus haid teratur dan tidak timbul flek di luar siklus haid.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidpenggunaan kbflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil