04 Oct 2021, 11:46Kandungan

Penyebab keluar darah setelah berhubungan dengan suami

AR
Info Penanya: AR0
Dok, sya mau tanya, kemarin saya haid, setelah 3 hari haid tiba tiba darah haid tidak keluar lagi. pas 1-2 berhenti saya haid kembali selama 4 hari. Dan setelah 3-4 hari saya haid tiba tiba setelah berhubungan sama suami saya keluar darah. Itu kenapa ya dok?
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Gangguan haid adalah gangguan yang sering dialami wanita dimana haid tidak kunjung terjadi, haid terlampau banyak dan lama, haid hanya sebentar atau haid 2 kali dalam 1 bulan. Gangguan haid tidak hanya dialami oleh wanita yang sudah menikah saja bahkan remaja tak jarang mengalami keluhan serupa.

Apa yang menyebabkan keluar darah setelah berhubungan dengan suami ?

Anda yang haid selama 3 hari lalu haid berhenti. Setelah 1 hingga 2 hari haid berhenti, Anda kembali haid selama 4 hari. Kemudian saat Anda berhubungan dengan suami keluar darah dari vagina. Beberapa penyebab gangguan haid dan keluar darah setelah berhubungan dengan suami antara lain :
  • Gangguan hormonal akibat penggunaan KB, stres, berat badan berlebih, sangat kurus, PCOS, kista ovarium, mioma uteri, endometriosis.
  • Vagina yang lecet dan terluka akibat hubungan seksual.
  • Penyakit menular seksual yang memicu perdarahan saat berhubungan.
Agar haid kembali normal dan teratur, Anda sebaiknya merubah gaya hidup jadi lebih sehat, menjaga berat badan, mengatasi penyakit yang ada. Selain itu, lakukan foreplay sebelum berhubungan seksual dan jaga kebersihan organ intim. Konsultasi ke dokter kandungan jika haid tetap tidak teratur dan darah semakin banyak ketika berhubungan disertai rasa nyeri.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips sekspendarahan saat seksgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil