23 Dec 2020, 15:17Kandungan

Penyebab keluarnya darah dan flek kecoklatan setelah berhubungan 

AS
Info Penanya: AS0
Selamat sore dok . Saya udh 4thn pake kb iud .. nah pagi saya melakukan tapi sejam setelah melakukan keluar darah segar disertai keputihan lendir trus sorenya keluar lagi flek coklat .. saya mau tanya apa itu kb nya bergeser atau karna apa ya . Makasih
1838 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Munculnya flek kecoklatan baik sebelum menstruasi ataupun setelah menstruasi sering dikeluhkan oleh wanita. Keluarnya flek kecoklatan ini dapat diikuti rasa nyeri, dan rasa tidak nyaman di vagina. Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim atau IUD juga dapat menyebabkan keputihan yang disertai darah akibat pemasangan yang tidak bersih, alat IUD yang bergeser, benang IUD yang terlalu panjang dan menusuk serviks.

Penyebab keluarnya darah dan flek kecoklatan setelah berhubungan 

Selain karena penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim/IUD, penyebab keluarnya darah dan flek kecoklatan setelah berhubungan antara lain :
  • Lecet pada vagina akibat penetrasi penis. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pelumas berbahan dasar air ataupun melakukan foreplay sebelum berhubungan seksual agar tidak terjadi luka pada vagina akibat kondisi vagina yang kering.
  • Flek kecolatan yang muncul sebelum menstruasi datang (premesntrual syndrome).
  • Gangguan hormon akibat penyakit gondok, berat badan berlebih, atau berat badan kurang (malnutrisi).
  • Proses penempelan janin di dinding rahim saat terjadi kehamilan. Gejala ini muncul dapat diawali dengan telat datang bulan yang lebih dari 35 hari. 
  • Infeksi pada organ intim, termasuk vagina, dan serviks.
Jika keluhan keluarnya darah dan flek kecoklatan yang Anda rasakan terjadi secara terus-menerus, Anda dapat melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan untuk memastikan penyebab dan letak IUD Anda. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi serta vitamin penambah darah 1x1 tablet setelah makan untuk mencegah terjadinya anemia.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
perawatan kesuburanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil