08 May 2021, 02:14Kandungan

Belum sampai siklusnya tapi sudah haid lagi

CP
Info Penanya: CP0
Dok, saya tgl 21 bulan april kemarin baru haid dan itu jangka haidnya hanya 4 hari dan darahnya sedikit. Lalu sekarang tgl 7 Mei keluar darah lagi dok sperti haid, padahal biasanya haid nya teratur yg biasanya haid tgl 21 kemungkinan haid lagi dibulan selanjutnya dg tgl yg mungkin lebih cepat 1-2 hari saja dok. Itu kenapa ya dok?
140 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi CPD,Apabila selama ini haid Anda teratur setiap tanggal 21, berarti siklus haid Anda adalah 30-31 hari. Apabila kemudian haid kembali pada tanggal 7 Mei, maka berarti siklusnya mengalami pemendekan menjadi 16 hari. Kondisi ini merupakan sesuatu yang tidak normal, karena siklus haid yang ideal berkisar dari 21-35 hari.Penyebab siklus haid menjadi memendek biasanya karena ketidakseimbangan hormon tubuh. Pemicu ketidakseimbangan tersebut sangatlah bervariasi, mulai dari yang tidak berbahaya dan bisa diperbaiki dalam kehidupan sehari-hari, hingga yang cukup serius. Berikut beberapa di antaranya:
  • gaya hidup yang tidak sehat (sering makan junk food, begadang, atau malas berolahraga)
  • terlalu gemuk (obesitas) atau sebaliknya, kekurangan berat badan
  • sedang mengonsumsi obat tertentu atau kontrasepsi hormonal
  • penyakit autoimun atau tiroid
  • penyakit rahim, misalnya kista atau mioma 
Mengenai kondisi Anda, karena ini baru terjadi satu kali, coba pantau dulu untuk siklus haid selanjutnya ya. Apabila kembali normal dengan siklus 30-31 hari (berarti selanjutnya sekitar 6-7 Juni), maka kemungkinan bukan sesuatu yang serius. Sebaliknya, apabila pada haid selanjutnya jaraknya menjadi tidak beraturan, coba konsultasikan kepada dokter kandungan.Upayakan juga untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh, dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur-mayur yang bervariasi setiap harinya. Lakukan olahraga 3-4 kali per minggu agar berat badan dapat lebih ideal. Perhatikan juga faktor psikologis, dianjurkan mengurangi stres dengan melakukan yoga atau meditasi rutin. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil