Keluar darah sedikit dan nyeri perut, setelah bangun tidur tidak ada lagi. Apakah itu tanda kehamilan?

D Info Penanya: D, Wanita, 28 Tahun
semalam keluar darah seperti menstruasi dgn jumlah tidak banyak, sakit perut juga.. tetapi sehabis bangun tidur dan hari ini sama sekali tidak ada darah yg keluar. biasanya sehabis bangun tidur, akan keluar darah mens yg banyak.. saya baca di google, katanya itu tanda kehamilan. apa benar dok? saya baru menikah 2 minggu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mungkin yang anda maksud perdarahan implantasi ya? Biasanya berupa cairan/bercak-bercak kecil warna merah muda atau kecoklatan. Munculnya sekitar 1 minggu setelah berhubungan intim yang menghasilkan pembuahan. Perdarahan timbul karena sel telur yang dibuahi menempel di dinding rahim untuk membentuk kantung kehamilan. Hal ini adalah proses normal jadi tidak perlu dikhawatirkan. Perbedaannya dengan menstruasi adalah lama terjadinya, kalau perdarahan implantasi biasanya hanya 1-2 hari serta jarang disertai kram perut, dan pada menstruasi darah yang keluar dalam bentuk gumpalan-gumpalan.

Kemungkinan lain perdarahan dari dalam vagina adalah akibat hubungan seks terkait hormon yang dihasilkan biasanya hanya sementara, kehamilan diluar kandungan atau keguguran. Saran saya untuk sementara tidak perlu melakukan apapun dan bila anda ternyata nanti telat 1-2 minggu maka anda bisa melakukan tes pack apakah anda sudah hamil. Jaga kesehatan, istirahat cukup, makan makanan bergizi dan jangan terlalu stres ya.

Saya lampirkan juga artikel mengenai tanda-tanda awal kehamilan yang perlu anda ketahui.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan sambal saat hamil tidak berbahaya bagi janin jika porsinya sedikit

Bolehkah Makan Sambal Saat Hamil?

Meskipun aman, makan sambal saat hamil adalah hal yang perlu menjadi perhatian ibu hamil. Pasalnya, hal ini lebih memengaruhi sang ibu daripada bayi yang dikandungnya.