12 Aug 2021, 12:07Kandungan

Keluar darah diluar siklus haid dan haid tidak teratur, kenapa?

WE
Info Penanya: WE0
dok tgl saya haid adalah setiap tgl 8/9,siklus menstruasi saya 28 hari,dan terakhir saya haid tgl 8 juli - 13 juli (selama 6 hari),saya tidak melakukan hubungan seks sebelumnya,dan waktu tgl 25 juli tepatnya pada saat saya masa subur(ovulasi) saya keluar sedikit darah yang bercampur dengan lendir seperti putih telur, selama 2 jam saja dan hanya dua hari keluarnya,dan sampai sekarang sudah tanggal 12 agustus saya belum haid juga bisanga tgl 8 sudah haid tapi sekarang sudah telat sampai 5 hari?
209 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, WTerima kasih atas pertanyaan AndaKeluar darah diluar siklus haid bisa terjadi karena beberapa penyebab. Mulai dari gangguan hormonal, iritasi pada serviks, proses ovulasi, cedera pada vagina, infeksi pada organ reproduksi wanita, efek pemakaian KB, atau bisa juga karena kondisi medis lain. Sehingga apabila keluhan ini terjadi berulang atau disetrai dengan keluhan penyerta lainnya maka lakukanlah pemeriksaan.Secara ideal siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Terlambat haid pada wnaita, bsiaterjadi karena hamil apabila ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya. JIka tidak ada riwayat berhubungan seksual, terlambat haid bisa juag dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Adapun faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan wanita terlambat haid adalah:

  • Kelelahan
  • Stres atau emosi yang tidak stabil
  • Berat badan tidak ideal
  • Gangguan hormon
  • Efek pemakaian KB (terutaam KB yang bersifat hromonal)
  • Sindrom polikistik ovarium
  • Penyakit pad aorgan reproduksi wanita
Terkait dengan kondisi Anda, salah satu penyebabnya bisa dikarenakan keadaan di atas. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan jika keluhan ini terjadi berulang atau disertai dengan gejala penyerta yang lainnya seperti sakit perut bagian bawah, keputihan berbau tidak sedap, nyeri pada vagina, gatal pada vagina dan lain sebagainya.Konsumsi buah dan sayur setiap hari, jaga berat badan tetap ideal, makan makanan bergizi, minum air cukup, hindari kelelahan, berolahraga ringan dengan rutin dan menjaga kebershan area kewanitaan agar haid kembali lancar.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiama A
siklus haidhaidgangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil