Keluar darah saat melakukan hubungan seks pertama dengan suami

FR Info Penanya: FR, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya mengeluarkan darah seperti darah menstruasi setelah melakukan hubungan seks pertama dengan suami saya, apa itu bahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang FR

Saat melakukan hubungan seks pertama kali, ada keluarnya darah merupakan efek robekan himen atau selaput dara pada wanita, selain itu vagina wanita yang baru pertama kali berhubungan biasanya masih beradaptasi dengan penis saat penetrasi sehingga luka lecet mungkin terjadi. Hal ini umum terjadi, dan akan hilang seiring berjalannya waktu dan saat tahapan berhubungan seksual kedepannya. 

Namun jika pengeluaran darah sering terjadi setiap kali berhubungan seksual, maka dapat menjadi masalah lain seperti kanker serviks, efek samping kontrasepsi IUD, kista mioma utery, penyakit radang panggul dan infeksi menular seksual. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi terlentang biasa lebih disarankan ketika bercinta saat hamil muda

Amankah Berhubungan Seks saat Hamil Muda? Ini Jawabannya!

Berhubungan seks saat hamil tidak membahayakan janin. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya, misalnya posisi bercinta, riwayat keguguran, dan pasangan menderita penyakit menular seksual.