Keluar darah bercampur keputihan ketika hamil

UK Info Penanya: UK, Wanita
Siang dokSaya sedang hamil 5 bulan, saya menjalani aktifitas di rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci, menyetrika, dan membersihkan kamar mandi setelah beberapa hari saya mengalami pendarahan dan saya tidak tau kalau saya sedang mengalami pendarahan kemudian saya berhubungan dengan suami setelah selesai, saya pipis dan banyak yang keluarDan sudah 2 hari darah masih ada tapi bercampur keputihan dok, jadi keputihan saya seperti warna coklat tidak sakit dan tidak berbau, apakah berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam UK,

Perdarahan saat hamil lebih dari 20 minggu adalah hal yang perlu diwaspadai. Beberapa penyebab yang bisa membuat terjadinya perdarahan pada kondisi kehamilan lebih dari 20 minggu diantaranya adalah:

  • Gangguan letak plasenta seperti plasenta previa
  • Peradangan vagina atau luka atau robekan pada area vagina atau leher rahim
  • Gangguan organ reproduksi seperti adanya polip 
  • Gangguan pembuluh darah
  • Adanya robekan plasenta tapi seringnya ditandai nyeri hebat

Untuk itu apabila sedang hamil 5 bulan dan terjadi perdarahan lebih dari 1 hari, perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Apabila disertai dengan keputihan, infeksi juga bisa menjadi salah satu kemungkinan penyebabnya.

Keputihan yang tidak normal bisa ditandai dengan adanya perubahan warna keputihan, perubahan konsistensi, adanya gejala tambahan seperti keputihan bercampur darah, nyeri saat berhubungan seksual, nyeri saat buang air kecil, rasa gatal ataupun menimbulkan bau yang khas.

Untuk itu apabila terjadi perdarahan segera periksakan untuk dipastikan apa penyebabnya, lebih banyak istirahat, hindari aktivitas berat, hindari melakukan hubungan seksual, jaga kebersihan organ intim terutama setelah berhubungan seksual dan setelah buang air kecil. Jika perdarahan lebih deras, timbul nyeri perut, kram pada perut bawah, nyeri punggung segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ebola sulit dikenali karena gejalanya mirip dengan penyakit infeksi lain, seperti flu dan malaria

Kenali Gejala Ebola, Penyakit Infeksi Virus yang Mematikan

Ebola termasuk infeksi yang langka, namun mematikan. Ebola sulit dideteksi karena gejalanya mirip dengan penyakit infeksi lain. Salah satu gejala yang membedakan adalah pendarahan yang dialami penderita.