Keluar darah pada saat berhubungan di masa hamil

SU Info Penanya: SU
Dok usia kandugan saya 10.minggu tapi saat saya melakukan hubugan badan keluar darah apa itu berbahaya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SU.

Hubungan intim adalah hal yang dilakukan pasangan suami istri, dimana salah satu manfaatnya adalah menjaga keharmonisan rumah tangga. Hubungan intim idealnya dilakukan secara rutin, selama tidak ada kondisi yang menghalangi suami atau istri untuk berhubungan.

Kehamilan sebetulnya bukanlah sebuah halangan untuk melakukan hubungan intim. Apabila kehamilan berlangsung secara normal dan sehat, tidak ada ancaman keguguran ataupun hal lainnya, maka hubungan intim boleh saja dilakukan. Tetapi, beberapa ahli menyarankan untuk berhubungan intim pada trimester kedua, karena pada waktu tersebut janin dan plasenta sudah lebih kuat.

Apabila Anda melakukan hubungan intim pada usia kehamilan 10 minggu (trimester pertama) dan mengalami perdarahan setelahnya, maka perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah darah tersebut flek atau deras. Apabila flek, bisa saja itu adalah luka pada vagina yang disebabkan oleh goncangan atau gerakan penetrasi yang terlalu dalam.

Tetapi, apabila darah yang keluar mengalir dengan deras, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dikhawatirkan ada perdarahan, atau ancaman keguguran. 

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti laboratorum, USG, ataupun inspekulo, untuk memantau kondisi rahim dan janin Anda. Dengan demikian, akan diketahui kondisi kehamilan Anda dan saran untuk ke depannya, apakah bisa melakukan hubungan intim secara rutin, atau sebaiknya ditunda dulu.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kualitas sperma sebenarnya tak sulit, Anda harus rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan sehat

Begini 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Istri Terus Nempel

Meningkatkan kualitas sperma penting dilakukan karena berpengaruh langsung terhadap kesuburan pria. Berikut langkah untuk sperma sehat dan membantu rencana kehamilan Anda.