Masih hamil atau tidak ya?

AQ Info Penanya: AQ, Wanita, 42 Tahun
Malam dokter. Bulan kemarin saya mengalami pendarahan selama 2 minggu tapi di tespack positif Tadi saya kontrol lagi ke dokter untuk cek ternyata kata dokter janin kecil. Ini antara sisa pendarahan kemarin atau janin baru. Sama dokter di sruh tunggu 2 minggu lagi dan dokter tdk berani kasih obat2n. Yg mau saya tanyakan apa kondisi saya ini masih hamil atau tidak ? Padahal saya masih mual2, rahim kiri sakit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AQ,

Kehamilan tentunya ditandai dengan terlambat haid dan hasil tes pack yang positif serta hasil USG yang menunjang yakni tampak ada janin. Bila selama kehamilan ini Anda mengalami perdarahan, maka tentunya perlu waspada, karena ada banyak kemungkinannya.

Beberapa kemungkinan perdarahan selama kehamilan:

  • Hamil anggur.
  • Hamil di luar kandungan.
  • Iritasi serviks, misal Anda sebelumnya berhubungan seksual.
  • Ancaman keguguran. Akan muncul perdarahan bergumpal-gumpal dan disertai dengan perut kram akibat rahim yang kontraksi.

Perihal tes pack yang masih positif meski sudah mengalami perdarahan selama 2 minggu, maka hal tersebut masih wajar saja karena hormon kehamilan akan menetap sampai 2-4 minggu meski sudah keguguran sekalipun. Jadi selama hormon kehamilan ini masih ada, maka masih akan muncul keluhan mual muntah.

Karena adanya kerancuan antara sisa jaringan atau memang masih ada janin, memang yang bisa dilakukan hanya menunggu untuk memastikan kondisi selanjutnya. Karena bila masih ada janin, maka 2 minggu kemudian harusnya sudah akan semakin berkembang dan tampak.

Lakukan kontrol ke dokter kandungan sesuai jadwalnya, dan banyak istirahat serta jangan stres.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Satu isapan rokok mengandung sebanyak 70% tar yang dapat mengendap di paru-paru.

3 Zat Beracun dalam Rokok Ini Bisa Ancam Nyawa

Zat beracun dalam rokok yang dikenal paling berbahaya,yaitu nikotin, tar, karbon monoksida. Selain itu, zat berbahaya lainnya yaitu, arsen, amonia, aseton,dsb.