Keluar darah menstruasi encer seperti air kencing setelah mens terakhir,apakah itu normal ?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 17 Tahun
Assalahmualaikum dok saya mau tanya jadi seminggu lalu hari senin itu saya ketepatan menstruasi berjalan lancar sampai hari rabu depan setelah itu berhenti 10 hari menstruasi. Setelah itu berhenti eh pas hari jumatnya ini keluar darah seperti menstruasi tapi cair sekali seperti air saat pipis. Mohon dijawab apa wajar apa saya hamilapa kandungan saya ada salah terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AP,

Siklus menstruasi pada wanita disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini bertanggung jawab atas lancar tidaknya siklus menstruasi. Seseorang mengalami menstruasi jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma sehingga sel telur keluar bersama dengan darah haid.

Adapun jenis darah menstruasi bisa dibagi menjadi :

  1. Warna darah lebih pekat, biasanya menjadi coklat atau hitam hal ini disebabkan adanya darah yg berumur lebih tua yang menggumpal
  2. Jumlah darah atau volume darah yang meningkat, bisa berupa darah encer
  3. Adanya darah yang menggumpal dan berwarna merah terang.

Adapun penyebab darah menstruasi tidak normal diantaranya :

  1. Stress yag berlebihan
  2. Kurang istirahat
  3. PCOS, yakni adanya kista di kandung telur
  4. Berat badan berlebihan

Adapun yang menjadi perhatian yakni ketika seorang wanita mengalami menstruasi dengan jumlah banyak karena dikhawatirkan mengalami anemi dan menstruasi yang disertai kram perut berlebihan. Bersama ini saya sertakan artikel 5 bentuk menstruasi tidak lancar yang patut diwaspadai. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan jika ada pertanyaan lebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bermesraan dengan pasangan setelah berhubungan intim tergolong penting untuk membangun hubungan yang sehat

10 Kebiasaan Sehat yang Penting Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Membangun kebiasaan sehat setelah berhubungan intim termasuk penting demi mencegah berkembangnya kuman atau terkena infeksi. Mulai dari mencuci tangan, membersihkan area organ intim, buang air kecil, dan banyak lagi.