Keluar darah haid saat hamil 9 minggu

AP Info Penanya: AP
Dok, saya kemarin usg hamil 9 minggu hanya terlihat kantung kehamilan saja,,1 minggu kemudian saya muncul flek, terus saya priksa lagi ke dokter terus saya di kasih obat penguat kandungan , setelah saya minum selama 2hari kok saya keluar darah banyak seperti haid itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Keluar darah saat hamil muda adalah kondisi yang perlu diwaspadai, jika keluar seperti flek di awal kehamilan bisa merupakan tanda kehamilan, masalah kandungan seperti kehamilan ektopik, ancaman keguguran, ataupun karena masalah di organ reproduksi.

Sering kali perdarahan merupakan perdarahan implantasi, yaitu saat sel telur yang sudah dibuahi mulai menempel di dinding rahim. Jika perdarahan semakin deras seperti menstruasi dan timbul disertai nyeri perut ataupun nyeri punggung, sebaiknya segera kembali memeriksakan diri karena bisa merupakan ancaman keguguran.

Tanda-tanda keguguran

Gejala dan tanda keguguran sendiri diantaranya adalah:

  • Bisa diawali flek atau bercak darah lalu menjadi lebih deras
  • Kram atau nyeri perut hebat
  • Bisa menimbulkan rasa nyeri atau sakit punggung
  • Kelelahan
  • Merasa demam

Untuk itu sebaiknya segera memeriksakan diri agar dilakukan pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Upayakan melakukan istirahat total atau bed rest sampai dipastikoan kondisinya. Konsumsi obat yang diberikan dan minum vitamin asam folat setiap harinya. Upayakan kelola stres dengan baik dan hindari aktivitas berat.

Jika sampai terjadi keguguran, nantinya dokter akan menentukan langkah selanjutnya dengan menilai dari kondisi Anda apakah perlu dilakukan tindakan ataupun pemberian obat saja. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan

Preeklampsia adalah Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan serius pada kehamilan. Risiko preeklampsia adalah berusia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan gangguan ginjal.