Keluar darah haid dan gumpalan tetapi hanya berupa flek

AI Info Penanya: AI, Pria, 20 Tahun
Dok teman saya sudah telat haid 1 bulan,tetapi beberapa waktu lalu keluar darah haid dan gumpalan tetapi hanya berupa flek saja dan berlangsung 3 sampai 4 hari,tetapi dihari ke 3 keluar darah haid tidak terlalu banyak dan hari keempat katanya ada gumpalan apakah itu tanda tanda akan haid atau hamil ya dok?karena kalau saya baca tanda hamil juga sama mengeluarjan darah sedikit,teman saya berat badannya sekitar 96kg apa mungkin faktor kegemukan dan hanya keluar flek saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AI,

Keluhan yang dialami oleh teman Anda berupa perdarahan di luar masa menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Gejala premenstrual syndrome 
  • Tanda kehamilan dimana timbul perdarahan sebagai tanda sel telur yang dibuahi menempel di dinding rahim
  • Gangguan reproduksi seperti adanya endometriosis, polip rahim, atau tumor jinak pada rahim
  • Gangguan hormonal
  • Berat badan yang tidak ideal

Untuk itu perlu diperhatikan jika memang memasuki masa menstruasi dapat merupakan menstruasi normal tetapi jika keluar diluar masa menstruasi maka perlu diperhatikan kondisi-kondisi yang menjadi penyebabnya. Atau juga dapat dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan kondisi pada dokter. Penangananya sendiri nantinya akan diberikan pengobatan baik obat untuk mengontrol hormon ataupun obat untuk menghentikan perdarahan ataupun tindakan medis jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

AI
06 Sep 2019, 12:54
Kalau tanda kehamilan darahnya merah ya dog tetapi itu seperti darah haid agak coklat2
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.