Keluar darah di tengah siklus haid, apakah penyebabnya?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 2019 Tahun
Dok. Pertengahan bulan kemaren saya sudah mens ,tp akhir bulan kemaren sampai saat ini saya kok keluar darah lagi ya? Padahal belum waktunya, dan keluarnya per hari cuma sedikit, besok keluar lg sedikit gitu trus. Apakah karena kecapekan / ada kendala lain ya dok? Mohon jawabannya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Y

Terimakasih sudah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Bila keluar darah di tengah siklus haid, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berapakah usia anda? Apakah saat ini sudah menikah? Apakah menggunakan kontrasepsi?

Ketidakteraturan siklus haid bisa disebabkan karena usia masih muda sehingga organ kandungan belum matang dengan sempurna. Sehingga terjadi fluktuasi hormon dan menyebabkan keluarnya darah.

Bisa juga ada faktor dari keletihan atau stres dari kegiatan sehari-hari yang mempengaruhi siklus anda. Pastikan anda mendapat istirahat yang cukup dan jangan olahraga berlebihan. Makanan bergizi juga penting untuk menjaga siklus haid yang teratur.

Bila anda sudah aktif secara seksual dan tidak menggunakan kontrasepsi, bisa saja terjadi perdarahan pada saat pembuahan. Dimana sel telur yang sudah dibuahi menempel ke dinding rahim.

Bila sampai akhir bulan anda belum haid, baiknya anda coba test pack. Kapan saja ada keraguan anda bisa konsultasi dengan Dokter Obgyn anda untuk evaluasi lebih lanjut. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.