Keluar darah dari vagina setelah berhubungan, gejala apa?

CS Info Penanya: CS, Pria, 19 Tahun
dokter saya mau tanya..maaf ya dok..? malam itu sy berhubungan dengan suami...e setelah mau subuh sy mau sholat kok ada darah..sy kira mau mens..gak jd lah sy sholat dan puasa..tp setelah siang nya gak ada lg darah mens nya.jd sy sholat zohor..e sampe sakarang darah nya kalo sy colok ada jg waktu pipis .tp gak banyak dok..tp di celana dalam gak ada .kenapa ya dok..sakit apa kah sy ini dok.mens bulan kemaren normal .yg bulan ini aja kayak gini..tolong saya dok .sy jd parno takut ada apa2 nya..apa solusi nya dok.sy harus ke dokter mn..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, CS.

Selain menstruasi, Hal yang dapat menyebabkan perdarahan vagina, yaitu:

  1. Kehamilan. Perdarahan dapat terjadi pada dua belas minggu awal kehamilan. Perdarahan atau flek yang terjadi dapat merupakan tanda dari adanya keguguran. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara pasti dengan testpack atau berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan (SPOG).
  2. Efek obat. Beberapa obat pengencer darah dapat membuat terjadi perdarahan dari vagina. Selain itu, pil kontrasepsi juga dapat menyebabkan flek atau perdarahan. 
  3. Penyakit Menular Seksual. Beberapa Penyakit Menular Seksual seperti Gonore adn klamidia dapat menyebabkan peradangan pada leher rahim sehingga terjadi perdarahan. Penyakit ini dapat tidak menunjukkan gejala lain. Gejala lainnya dapat ditandai dengan adanya keputihan yang berbau tidak sedap, nyeri saat berhubungan, dan lain-lain.
  4. Menggunakan IUD.
  5. Terlalu keras berhubungan. Terlalu keras berhubungan dengan kondisi vagina yang kurang basah dapat menyebabkan robekan vagina. Hal ini dapat sembuh dengan sendirinya. 
  6. Penyakit Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Kondisi ini ditandai dengan tidak seimbangnya hormon pada wanita, Hormon pria dalam tubuh meningkat, dan munculnya banyak kista pada ovarium. Gejala lainnya dapat ditandai dengan pertumbuhan rambut yang berlebihan, kesulitan hamil, dan berat badan bertambah. 
  7. Kanker. Perdarahan dapat terjadi karena adanya kanker leher rahim (serviks) atau di rahim. 

Terkait dengan keluhan Anda, Jika bulan ini Anda belum siklus menstruasi, maka Anda dapat mengobservasi perdarahan selama tiga sampai lima hari apakah Anda sudah memasuki siklus menstruasi bulan ini. Jika tidak ditemukan tanda menstruasi, maka Anda dapat berkonsultasi ke Dokter Spesialis Ginekologi (SPOG) untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ