Keluar flek saat kehamilan, apakah normal?

BW Info Penanya: BW, Wanita, 28 Tahun
Selamat malam dok,saya sedang hamil 27 Minggu namun dari awal kehamilan saya mengalami flek dan juga keputihan yang volumenya sangat banyak seperti haid,Awal awal kehamilan sampai usia kehamilan 12-14 minggu sering sakit di bagian perut bawah mendekati vaginanya...namun dari situ sudah tidak pernah sakit tapi flek nya hingga sekarang masih suka keluar apalagi jika terlalu capek maka darah yg keluar volumenya lebih banyak...apa yg terjadi ya dok apakah itu wajar? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Secara umum bercak pendarahan selama kehamilan bisa disebabkan oleh masalah pada kehamilan ataupun yang tidak berhubungan dengan kehamilan misalnya adanya infeksi atau lecet pada dinding vagina.

Jadi, setiap adanya flek saat hamil, baik sedikit ataupun banyak maka kita harus mewaspadainya dan tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Pendarahan selama kehamilan 20 minggu pertama atau biasa kita sebut sebagai keluar flek saat hamil muda memang sering terjadi. Sekitar 25-40% wanita akan mengalami flek selama trimester pertama kehamilan.

Beberapa penyebab keluar flek saat kehamilan muda :

  • Perdarahan implantasi, yang terjadi sekitar 4 minggu kehamilan, terjadi ketika telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Biasanya keluar sebagai flek coklat.
  • Perubahan hormon
  • Akibat berhubungan seksual selama kehamilan
  • Infeksi
  • Keguguran
  • Kehamilan ektopik
  • Hamil anggur atau mola hidatidosa

Untuk mengatasi keluhan Anda sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas yang berat, bedrest di tempat tidur, makan makanan yang bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2 liter / hari. Saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan Anda terkait perdarahan yang Anda alami. Agar dicari tau penyebab perdarahan yang Anda alami berbahaya atau tidak untuk kehamilan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BW
19 May 2020, 01:09
Terima kasih dok,,tetapi waktu uk 13 saya USG katanya darah yg keluar itu dari rahim dan tergencit Bali karena balinya ada di bawah ...saya sudah d kasih obat,,namun hingga sekarang uk 27 masih terus keluar flek ... apakah karena posisi Bali yang belum berubah ya dok ...?apakah itu disebut Previa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 May 2020, 11:28
Selamat siang, BW.
Bila perdarahan atau flek terus muncul, sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter spesialis kandungan. Agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG kehamilan agar mendapatkan terapi dan tatalaksana yang sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan.
Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan cairan harian Anda.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Eklampsia bisa menimbulkan kejang selama kehamilan, karena adanya gangguan aktivitas otak

Kenali Faktor Risiko dan Gejala Eklampsia Selama Kehamilan

Eklampsia adalah kondisi gawat darurat pada kehamilan yang jarang terjadi, tapi sangat fatal bila tidak mendapatkan penanganan segera. Kejang yang disebabkan oleh eklampsia terjadi karena adanya gangguan aktivitas otak yang berakibat pada kehilangan kesadaran, gemetar, hingga kejang pada ibu hamil.