Keluar darah dari mulut dan sakit kepala sampai mata sulit dibuka. Pertama kali dirasakan setelah operasi usus buntu.

J0 Info Penanya: J0, Wanita, 2019 Tahun
Dok sekarang ini saya sering banget keluarin darah dari mulut apakah itu berbahaya bagi kesehatan saya pribadi .dan saya sering merasakan sakit kepala sehingga mata saya itu sulit untuk di buka ,saya merasakan itu ketika saya selesai melakukan oprasi usus buntu 3bulan yg lalu?sekian pertanyaan saya trimakasih semogga cepat terjawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, J

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan anda seperti keluar darah dari mulut dan sering sakit kepala, apakah terkait operasi buntu 3 bulan yang lalu. Usus buntu bagian dari saluran pencernaan, tapi letaknya cukup jauh dari mulut. Bila ada kaitan dari usus buntunya anda akan merasakan demam dan BAB yang mengandung darah sebagai gejala yang timbul pertama kali. 

Keluar darah dalam bentuk apa? Apakah batuk, muntah atau ludah yang ada darahnya. Kemudian jumlahnya berapa banyak? Sumber perdarahan bisa dari saluran pencernaan mulai dari luka di rongga mulut, kerongkongan atau lambung anda. Kemudian bisa juga dari saluran pernafasan mulai dari hidung, tenggorokan sampai dengan paru-paru.

Nyeri kepala anda bisa akibat anemia bila perdarahan cukup banyak sampai dengan kadar Hb anda turun. Bisa juga akibat hormonal, psikis dan kondisi fisik anda secara keseluruhan. Hormonal pengaruh dari siklus haid anda, misalnya bila mendekati menstruasi. Psikis juga bila anda stres atau sedang banyak pikiran. Sedangkan fisik bila anda kurang istirahat, bekerja depan komputer terlalu lama atau pola makan anda tidak teratur.

Mengingat masih banyak yang perlu dievaluasi, saran saya anda konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan awal dan dilakukan pemeriksaan laboratorium, USG atau rontgen bila dirasa perlu oleh dokternya. Demikian penjelasan dari saya. 

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini