Keluar darah dari kemaluan setelah onani?

RR Info Penanya: RR, Pria, 2019 Tahun
Mat malam pak dokter,saya barusan tadi berbuat onani dan mengeluarkan kan dara dari alat kemaluan saya,kira kira apa penyakit yang sudah saya deritah pak dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah darah keluar bersamaan dengan air kencing? Atau darah menetes keluar segera atau sesudah anda masturbasi. Bila bersamaan dengan air kencing kemungkinan ada infeksi atau batu di saluran kemih, sedangkan bila segera atau saat onani kemungkinan peradangan di saluran sperma atau infeksi menular seksual.

Darah pada kencing menandakan ada kebocoran di ginjal atau bagian lain dari saluran kemih. Bisa karena ada infeksi, batu di saluran kemih, gangguan pada ginjal atau efek samping obat. Kemudian infeksi menular yang membuat keluar darah seperti gonorrhea atau chlamydia, peradangan juga bisa terjadi di saluran sperma atau testis. 

Keluarnya darah dari penis jarang membahayakan tapi tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Urologi agar mendapat terapi yang sesuai. Anda juga dapat membaca artikel mengenai infeksi menular seksual dan peradangan testis.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Entah alat cukur elektrik maupun manual, pastikan selalu kebersihan tangan dan alat yang digunakan, sebelum mencukur rambut kemaluan

Mencukur Rambut Kemaluan, Latah karena Tren atau Memang Perlu?

Mungkin Anda bingung perlukah mencukur bulu kemaluan yang sudah panjang dan tebal? Memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan atau tidak adalah 100% hak Anda.