24 Dec 2020, 19:29Kandungan

Penyebab keluar darah berupa flek kecoklatan dari miss V

SN
Info Penanya: SN0
Dok saya ingin bertanya kenapa saya keluar darah coklat di miss V selama 3 hari dan keluar darah nya pun sedikit sedikit apakah ada gejala dari siklus menstruasi atau hambatan lain?
1400 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Gangguan menstruasi dapat terjadi kepada siapa saja, baik tua maupun muda. Gangguan menstruasi ini dapat berupa munculnya perdarahan di luar siklus menstruasi, menstruasi yang memanjang dan lebih lama, menstruasi yang disertai nyeri dan keram pada perut, tidak datangnya menstruasi lebih dari siklus menstruasi normal dan masih banyak lagi.

Penyebab keluar darah berupa flek kecoklatan dari miss V

Penyebab keluar darah berupa flek kecoklatan dari miss V dapat dikarenakan :
  • Perdarahan menjelang terjadinya proses menstruasi yang disertai nyeri perut ringan, gangguan mood, dan nyeri pada payudara. Gejala ini disebut dengan premenstrual syndrome (PMS).
  • Proses menstruasi yang tidak terlalu banyak di awal periode haid.
  • Penggunaan alat kontrasepsi yang menyebabkan perdarahan di luar siklus menstruasi, baik karena alat kontrasepsi yang mengandung hormon, maupun alat kontrasepsi non hormonal yaitu spiral.
  • Luka lecet pada vagina akibat berhubungan seksual.
  • Proses onani yang menyebabkan luka gores pada vagina akibat jari, kuku, atau penggunaan sex toys.
  • Ketidakseimbangan hormon karena kelelahan fisik, stress, maupun karena penyakit gondok (hipotiroid).
Jika keluarnya flek kecoklatan berlangsung hanya 3 hari, sedikit-sedikit, tanpa disertai nyeri, maka Anda dapat berisitaraht agar flek kecoklatan dapat berhenti. Jaga asupan makanan, jaga berat badan ideal, konsumsi makanan bergizi, hindari makanan kemasan dan cepat saji, kelola stress dengan baik agar imun dan fungsi hormon menjadi seimbang.Anda harus ke dokter jika flek kecoklatan yang dirasakan keluar secara terus menerus, disertai rasa sakit yang luar biasa pada perut bawah, nyeri saat berkemih, flek berbau busuk atau amis, diikuti dengan demam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kram menstruasipremenstrual syndrome (PMS)flek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil