Keluar dahak dan lendir terus tidak berhenti-berhenti.

KC Info Penanya: KC, Pria, 2019 Tahun
Dok saya kluar dahak /lendir trus gk bernti bernti. Solusi nya apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KC

Keluar dahak lendir saat batuk merupakan upaya pembersihan saluran nafas dari infeksi bakteri atau virus. Mukosilia pada saluran nafas akan memproduksi mukus lendir sehingga kuman dapat dibawa keluar melalui batuk.

Namun jika pengeluaran lendir dahak sangat banyak makan akan sangat mengganggu. Untuk itu diperlukan obat tambahan seperti mukolitik ambroxol agar batuk dahak gampak di keluarkan dan pertimbangan antiradang agar peradangan akibat kuman dapat cepat hilang. Anda juga harus meningkatkan imunitas dengan perbanyak makan buah atau sayuran serta multivitamin tambahan. Jika batuk dahak masih sering mungkin perlu dipertimbangkan antibiotik oleh dokter untuk tatalaksana infeksi bakteri disaluran nafas penyebab batuk dahak anda. 

Saat dirumah anda saya sarankan untuk perbanyak minum air, istirahat yang cukup, menghindari asap rokok dan dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk masalah ini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersin dan hidung gatal merupakan salah satu gejala rhinitis alergi

Mengulik Kasus Rhinitis Alergi Ekstrem di Dunia

Kasus rhinitis alergi bisa jadi sangat ekstrem pada beberapa orang. Ketika kambuh, mereka bisa sulit bernapas hingga merasakan komplikasi.