Keluar cairan seperti sperma apa normal?

R Info Penanya: R
Selamat malam dok Sya mau bertanya apabila pas buang air kecil pas pertama kluar itu sperti biasa.a tp pas tengahnya kaya keluar cairan putih gtu ya ,mohon jawabannya dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Keluarnya cairan putih pekat ketika berkemih tentu bukanlah hal yang wajar. Urin yang normal adalah berwarna putih kekuningan, semakin banyak minum air maka urin yang keluar akan berwarna jernih. Bila Anda minum sedikit air maka urin yang keluar akan kuning pekat yang menandakan bahwa tubuh kekurangan cairan.

Perihal di tengah-tengah berkemih keluar cairan putih bisa disebabkan oleh:

  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi menular seksual. Biasanya yang sering adalah penyakit gonore dan klamidia. Hal ini bisa terjadi bila Anda sering berganti-ganti pasangan seksual atau melakukan hubungan seksual dengan PSK.

Saat ini yang dapat Anda lakukan agar kencing Anda kembali normal adalah:

  • Banyak minum air minimal 2 liter/ hari.
  • Kencing jangan ditahan-tahan.
  • Hindari berhubungan seksual tanpa pengaman/ kondom.
  • Jaga kebersihan kelamin.

Bila hal ini sudah berlangsung lebih dari 3 hari, ada nyeri ketika berkemih, atau bagian ujung penis bengkak maka lakukan pemeriksaan cek urin lengkap di laboratorium dan bawah hasilnya ke dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggunakan kondom saat berhubungan seks menjadi cara utama pencegahan herpes genitalis

Pencegahan Herpes Genitalis Bantu Turunkan Risiko Terinfeksi HIV

Herpes genital adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh kontak seksual dengan penderita. Namun tenang, terdapat beberapa upaya pencegahan herpes genitalis yang bisa Anda lakukan.