24 Dec 2020, 01:25Kulit & Kelamin

Penyebab keluar cairan seperti nanah saat buang air kecil

SR
Info Penanya: SR0
Tanya dok, kenapa di penis saya selalu keluar cairan seperti nanah tanpa di rasa dan saat buang air kecil itu kadang kadang terasa nyeri
255 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo S,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Organ intim pria selain berfungsi untuk sistem reproduksi, berhubungan seksual, maka berfungsi pula untuk saluran perkemihan. Jika organ intim dilakukan pada banyak pasangan, terlebih tidak menggunakan pengaman seperti kondom, maka akan menyebabkan penyakit menular seksual (PMS). Pada awalnya penyakit menular seksual ini tidak memberikan gejala namun jika imun tubuh menurun, atau bakteri dan virus yang masuk bertambah banyak, maka akan menimbulkan gejala salah satunya kencing nanah.

Penyebab keluar cairan seperti nanah saat buang air kecil

Penyebab keluar cairan seperti nanah saat buang air kecil antara lain :
  • Penyakit kencing nanah akibat bakteri N. gonorrheae. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan banyak pasangan. Selain keluarnya cairan berupa nanah dari organ intim pria, kencing nanah juga dapat disertai nyeri saat berkemih dan pembengkakan pada penis.
  • Infeksi pada kulup penis akibat penumpukan kotoran smegma yang biasanya terjadi pada laki-laki dewasa maupun anak yang tidak disunat.
  • Infeksi menular seksual akibat bakteri Chlamydia trachomatis memberikan gambaran keluar cairan berwarna kuning kehijauan yang diikuti nyeri pada penis.
  • Infeksi pada sakuran kencing akibat penggunaan kateter dalam jangka waktu yang lama, riwayat batu saluran kemih berulang, penggunaan celana dalam yang kotor, atau kebersihan organ intim yang tidak dijaga baik dengan mencukur bulu kemaluan.

Pengobatan keluar cairan seperti nanah saat buang air kecil

Pengobatan keluar cairan seperti nanah saat buang air kecil antara lain dengan memastikan bahwa cairan yang keluar merupakan nanah bukan karena air kencing yang keruh. Pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebab merupakan penyakit menular seksual, maka dokter akan memberikan resep antibiotik baik untuk penderita maupun pasangannya. Jangan bergonta ganti pasangan seksual. Jaga kebersihan organ intim dengan mengganti pakaian dalam minimal 2 hingga 3 kali sehari. Cukur bulu kemaluan teratur dan hati-hati agar tidak menimbulkan luka. Keringkan segera organ inim setelah buang air kecil atau besar.Jika keluhan keluar cairan seperti nanah saat buang air kecil terus berlanjut diikuti rasa nyeri saat berkemih, nyeri perut bagian bawah, disertai demam, segera ajak pasangan Anda berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seks beresikopenyakit menular seksualgonorrhea
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil