Kenapa bisa keluar cairan di leher?

OY Info Penanya: OY
Dok, pria ketika berhubungan badan kenapa ya kok keluar cairan bening seperti (mohon maaf) ingus. Tapi dileher memang terdapat benjolan kecil, dan anehnya keluar cairan ketika sedang berhubungan badan. Apakah tidak ada penyakit yang membuat kekhawatiran diri sendiri dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi OY,

Adanya benjolan di leher bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti lipoma, abses, kista, kutil, atau pembesaran kelenjar getah bening. Namun bila benjolan tersebut mengeluarkan lendir, artinya ada cairan di dalamnya yang dalam kondisi tertentu dapat keluar. Kondisi-kondisi yang memungkinkan cairan tersebut keluar misalnya ketika Anda sedang mengejan, batuk sehingga tekanan di leher lebih tinggi dan mendorong cairan untuk keluar. Atau memang cairan di dalam benjolan sudah penuh sehingga akan keluar dengan sendirinya. Perihal keluarnya cairan ketika berhubungan seksual mungkin disebabkan ketika Anda dan pasangan berhubungan seksual leher mengalami tekanan sehingga cairan akan terdorong keluar tanpa disengaja.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah tetap menjaga kebersihan leher, keluarkan cairan bila sudah tampak mengalir, kompres dengan air hangat pada bagian benjolan. Namun sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebab benjolan tersebut, terlebih bila sudah muncul gejala-gejala nyeri, kemerahan, demam, lendir yang keluar menyerupai nanah dan berbau.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Garam epsom bisa menjadi salah satu obat bisul alami

Seperti Apakah Obat Bisul yang Aman dan Efektif?

Bisul sebenarnya tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri tanpa adanya penanganan khusus. Namun ada kondisi tertentu yang memerlukan obat bisul dan penanganan lain dari dokter.