Keluar cairan dari vagina, tidak banyak, tidak gatal dan tidak berbau.

RS Info Penanya: RS
Dok knpa yg saya selalu keluar cairan vagina tapi sedikit tidak terlalu banyak tapi tidak gatal dan tidak berbau cariran nya berwarna putih susu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RR

Cairan vagina itu diproduksi dengan tujuan untuk mengeluarkan kuman atau sel mati dari dalam vagina. Cairannya juga bisa bermacam-macam bentuknya atau jumlahnya karena dipengaruhi siklus haid anda. Jumlahnya berbeda pada saat anda sedang subur, sedang distimulasi atau mendekati waktu menstruasi. Jadi vagina itu memang tidak benar-benar kering.

Saya lampirkan artikel Ini Ciri Keputihan Normal dan Penyebab Kemunculannya yang bisa anda baca untuk lebih jelasnya. Keputihan yang tidak normal jika berwarna, jumlahnya banyak, terasa gatal atau nyeri dan jika baunya tidak sedap.

Anda tidak perlu terlalu khawatir, dan jangan menggunakan cairan pembersih kewanitaan terlalu sering. Anda juga tidak perlu membersihkan bagian dalam vagina dengan sabun atau air. Cukup dengan membersihkan bagian luar menggunakan sabun yang ringan dan tidak mengandung pewangi/parfum.

Bila keluhan anda tidak berkurang maka sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penanganan kista ovarium tanpa operasi, dilakukan untuk meredakan gejalanya

5 Cara Mengobati Kista Ovarium Tanpa Operasi

Gejala kista ovarium adalah nyeri yang hebat. Ternyata ada cara mengatasi penyakit ini yaitu mengonsumsi obat, olahraga, mengubah pola makan, terapi panas, pijat dan relaksasi.