Keluar cairan dari telinga tapi tidak sembuh-sembuh

AR Info Penanya: AR, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dok saya mau tanya pas malem malem lubang telinga saya gatal terus saya garuk menggunakan jari awalnya cuma satu telinga tapi selang beberapa hari satu telinga juga mengalami hal yang sama terus keesokan harinya keluar cairan berbau sudah saya obati dengan obat tetes tapi tidak sembuh" bahkan tiap malam cairan itu keluar dan mengakibatkan agak tidak bisa mendengar karena penghalang cairan itu.kitakira bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ARS,

Keluhan keluar cairan dari telinga dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

Infeksi saluran telinga sendiri dapat terjadi pada telinga bagian tengah atau telinga bagian luar. Pada infeksi saluran telinga bagian tengah atau disebut dengan otitis media dapat terjadi beberapa tahap dimana dapat timbul gejala seperti nyeri pada telinga, demam, gatal pada telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan kemampuan mendengar, telinga terasa tertekan atau penuh, dan lainnya.

Untuk itu apabila sudah menggunakan tetes telinga tetapi tidak ada perubahan maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter THT untuk penanganan lebih lanjut. Nantinya dokter dapat memberikan penanganan baik pemberian obat atau dilakukan pembersihan lubang telinga. Upayakan untuk tidak mengorek telinga dengan cotton buds, hindari sembarangan menggunakan tetes telinga, tidak berenang atau merendam kepala di air. Kondisi ini dapat berlangsung lama dan menimbulkan Otitis media kronis. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.