Keluar cairan dari telinga sudah sekitar 10 tahunan. Bagaimana solusinya dok?

DC Info Penanya: DC, Wanita, 19 Tahun
Mau tanya dok, gendang telinga saya berair atau sering disebut congean, sudah sekitar 10tahunan terkadang keluar cairan terus menerus dan terkadang tidak selama beberapa minggu, apakah bisa sembuh dok, saya sudah pesimis ini tidak sembuh sembuh, bagaimana solusinya dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DC

Selama 10 tahun apa saja yang sudah dilakukan? Apakah pernah dibersihkan oleh dokter spesialis THT? Kadang cairan tersebut letaknya di dalam gendang telinga. Jadi perlu dilakukan tindakan membuat jalan agar semua cairan keluar dan setelah itu baru gendang telinga diperbaiki. Tindakannya cukup sederhana yang penting anda bicarakan langsung dengan Dokter Spesialis THT.

Kondisi anda disebut Otitis Media Supuratif Kronik yaitu peradangan pada telinga tengah dan keluarnya cairan dari lubang di gendang telinga. Bisa terus menerus atau hilang timbul. Pencetusnya karena ada infeksi saluran napas dan kondisi tubuh anda sedang tidak fit. Anda saluran yang menghubungkan telinga dan hidung. Jadi bila anda pilek kronis bisa mengakibatkan penumpukan cairan di telinga.

Saya lampirkan artikel, Telinga Berair dan Berdengung, Tanda Gendang Telinga Pecah? untuk referensi anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga balita ternyata mampu mentolerir suara dari film yang diputar saat nonton bioskop

Bolehkah Ajak Anak Balita Nonton Bioskop? Ini Kata Dokter Spesialis THT

Telinga balita masih mampu mentolerir suara film di bioskop. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan film yang akan ditonton. Jika mendengar suara terlalu keras, balita berisiko mengalami gangguan pada telinga dalam.