Haid selama 18 hari, apakah menorrhagia?

C Info Penanya: C, Wanita, 20 Tahun
halo dok. saya perempuan 20 tahun, belum menikah. pada tanggal 21 sampai 26 juli saya mendapatkan haid, lalu tanggal 4 agustus hingga sekarang keluar cairan coklat sampai kehitaman kadang sedikit kadang banyak sekali seperti haid, tidak menentu. biasanya siang hari keluar lebih banyak sampai tembus celana, sedangkan malam jarang keluar. saya baru mengalami ini untuk pertama kalinya. dibulan-bulan sebelumnya saya haid dengan lancar.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, C

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menorrhagia adalah kondisi di mana terjadi perdarahan haid yang berlebihan baik dari durasi menstruasinya maupun jumlah perdarahannya. Secara normal lamanya haid pada wanita berkisar antara 3 - 7 hari. Seperti yang Anda alami mulai tanggal 4 Agustus 2020 hingga hari ini (21 Agustus 2020) terhitung 18 hari.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya ketidak seimbangan hormon kewanitaan. Kondisi stres, kelelahan, perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak dan PCOS dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.

Selain itu, adanya gangguan pada organ reproduksi pada wanita seperti polip rahim, endometriosis, adenomyosis dan kondisi medis yang lainnya juga dapat menyebabkan menorrhagia.  Sebaiknya, segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat agar diketahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda rasakan.

Tips yang bisa Anda lakukan agar siklus haid lancar adalah:

  • Usahakan memiliki berat badan ideal
  • Setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda, namun usahakan Anda bisa mengontrol emosi dan stres agar hormon dalam tubuh tetap seimbang
  • Lakukan olahraga ringan
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Beristirahat dengan cukup
  • Banyak minum air putih agar badan tidak lemas.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda-tanda Haid akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.