Keluar cairan bening dari hidung

RI Info Penanya: RI, Wanita, 20 Tahun
dok, saya mengalami keluarnya cairan bening melalui hidung secara tiba-tiba(tidak sedang flu dan terkadang muncul sakit kepala) apa penyebab dan solusinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RI,

Keluarnya cairan bening dari hidung dapat timbul karena beberapa hal seperti:

  • Reaksi alergi bisa dipicu udara dingin, debu, serbuk bunga, asap rokok, polusi, bulu hewan, atau adanya pencetus alergi lain
  • Flu atau pilek
  • Rhinorrhea atau ingus
  • Cedera kepala yang membuat bocornya cairan cerebrospinal disertai sakit kepala, telinga berdenging, gangguan penglihatan, leher kaki, mual atau muntah, kejang dan lainnya diawali adanya trauma kepala

Jika tidak ada gejala lainnya maka perlu tidak perlu dikhawatirkan. Perhatikan apa yang menjadi pencetusnya. Gunakan masker jika bepergian keluar ruangan, bersihkan lingkungan tinggal dari alergen pencetus, cuci atau bilas hidung menggunakan air garam atau larutan saline agar terhindar dari bakteri yang bisa memicu infeksi atau peradangan hidung. Perbanyak minum air putih dan juga rutin berolahraga.

Jika keluhan masih sering kali timbul ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter ahli telinga hidung dan tenggorokan untuk menilai apa yang menjadi penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)