Keluar buang air seperti lendir dan sakit perut disertai kembung

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 14 Tahun
Ibu saya tdi pecirit kyk lendir, perutnya sakit, kembung besar kayak org hamil 9bln, trs rasanya sakit campur laper campur kram. Itu kenapa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Cepirit atau buang air besar di celana yang tidak sengaja dengan konsistensi seperti lendir disertai keluhan saluran pencernaan bisa timbul karena beberapa penyebab mulai dari infeksi saluran pencernaan karena bakteri, virus atau parasit, peradangan pada saluran pencernaan, gangguan pencernaan lain seperti irritable bowel syndrome dan lainnya. Jika timbul disertai buang air besar yang lebih cair dan sering bisa juga disebut dengan diare. Jika terjadi diare maka perlu diatasi dengan memberikan air minum lebih sering, batasi konsumsi sayur dan buah, dan konsumsi obat untuk diare seperti attapulgite atau karbon aktif. Diare juga bisa membuat perut menjadi tidak nyaman seperti melilit, kram ataupun sakit perut yang hilang timbul.

Baiknya menyarankan ibu Anda untuk memeriksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya karena jika timbul dan tidak ditangani dengan baik bisa berisiko terjadi kekurangan cairan, infeksi yang lebih berat ataupun gangguan lain pada pencernaan.

Perut yang tampak membesar dan kembung bisa juga menjadi bagian dari gejala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan atau bisa karena gangguan organ lain seperti misalnya jika mengalami gangguan liver atau organ hati. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kontaminasi bakteri pada makanan atau minuman bisa menyebabkan diare pada anak

Cara Cepat Menangani Diare pada Anak dan Pencegahannya

dr. Wiendra menyatakan bahwa diare berada di urutan ketiga yang menyebabkan kematian pada anak setelah tuberkulosis dan penyakit hati. Diare sebenarnya merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan bakteri-bakteri dari dalam tubuh yang menyebabkan feses menjadi cair (mencret).